PETUNJUK PENULISAN JURNAL 

JUDUL
Nama Penulis 1 1, Nama Penulis 2 2, …………….
Afiliasi Penulis 1
Afiliasi Penulis 2
Email korespondensi (1 email saja)

ABSTRAK
Artikel ini merupakan template jurnal JINTEKS dengan menggunakan MS-Word. Makalah dituliskan dalam Bahasa Indonesia. Banyak halaman maksimal 8 lembar dengan format A4 - 2 columns. Judul harus yang spesifik dan ringkas maksimum 15 kata, abstrak sekitar 200 kata pada awal makalah. Afiliasi dan alamat e-mail harus diberikan setelah nama pengarang. Penulisan Judul dengan menggunakan Times New Roman 12pt, Bold, All caps. Sebelum menulis, mohon margin makalah anda disesuaikan dengan margin dari template ini, yaitu dengan melihat page setup dari template yang telah kami berikan.

Keyword : maksimum 6 kata kunci

1.  PENDAHULUAN

Cara termudah untuk menuliskan makalah anda agar sesuai dengan format adalah dengan men- copy-paste makalah anda ke dalam template ini. Penulisan istilah asing harus ditulis dalam huruf italics. Page setup untuk Jurnal JINTEKS adalah Margin Normal Top and Bottom = 2.54 cm, Left and Right = 2.54 cm, Gutter = 0”. Orientasinya adalah Portrait dengan two columns (number of columns = 2, dan col# 1 dan 2 widht = 7.34 cm dan spacing 1.25 cm).  Ukuran paper (paper size) adalah A4 dengan Width = 21 cm dan Height = 29.7 cm.  Layout-nya dengan Header  = 1.25 cm dan Footer = 1.25 cm. Vertical alignment-nya adalah Top. (Catatan: Aturan penulisan desimal di atas disesuaikan dengan aturan penulisan pada Microsoft Word yang menggunakan ”.” sebagai tanda desimal dan bukan ”,”.

2.  TINJAUAN PUSTAKA
Jika heading anda melebihi satu, gunakan level kedua heading seperti di bawah ini. Heading dituliskan dengan boldface dengan menggunakan huruf besar. Pengutipan dilakukan dengan mencantumkan Nama penulis dan tahun penerbitan mengikuti kalimat contoh (Albert, 2015), tidak melakukan copy-paste dari internet, buku atau refensi lain. Penomoran harus diberikan pada gambar (gambar, grafik, foto dan peta), tabel dan persamaan matematika, rekasi kimia dan fisika berdasarkan urutannya.

2.1 Second-Level Heading
Heading pada level kedua dituliskan dengan boldface dengan menggunakan huruf besar dan huruf kecil. Heading dituliskan rata kiri.
Pada setiap gambar harus diberikan keterangan di bawah gambar. Keterangan pada tabel diberikan di atas tabel. Keterangan dituliskan dengan huruf kecil kecuali pada karakter pertama pada tiap kalimat. Seluruh gambar harus diberi penomoran secara berurutan. Gambar diletakkan di tengah halaman (center alignment) dengan judul ditengah baik itu pada kolom 1 ataupun pada kolom 2 dengan nama gambar rata justify, demikian halnya dengan tabel diawali diletakkan di tengah (center columns) halaman jika tabel tersebut besar dengan jumlah columns yang banyak sehingga tidak cukup diletakkan di layout 2 kolom maka untuk menampilkan tabel tersebut boleh merubah halaman menjadi 1 kolom

 

Gambar 1. Gunakan huruf besar hanya di awal nama gambar saja tanpa diakhir titik

Gambar 1: Keterangan pada gambar harus terlihat di bawah gambar. Acuan yang menggunakan gambar, tabel, teorema maupun lemma, harus diawali dengan huruf capital tanpa tanda titik pemisah, contoh, Gambar 1 dan Tabel 1 merupakan ilustrasi dari Teorema 1. Semua keterangan yang menyertainya ditulis dengan huruf besar di awal saja. Tabel dan gambar harus diletakkan di dalam body text dan memenuhi standard untuk dicetak. Gambar tidak perlu dibingkai.

Keterangan pada tabel harus terlihat di atas tabel.

Tabel 1. Keterangan pada tabel juga ditulis dengan huruf besar di awal saja demikian juga dengan judul-judul dalam tabel

Keterangan

Judul pertama

Judul kedua

Nama pertama

Nama kedua

Nama depan

 

 

 

 

Nama tengah

 

 

 

 

 

2.1.1 Third-Level Heading
Heading pada level ketiga mengikut style dari  heading level kedua. Hindari penggunaan heading lebih dari tiga level.
Persamaan matematik harus diberi nomor secara berurutan dan dimulai dengan (1) sampai akhir makalah termasuk appendix. Penomoran ini harus diawali dan diakhiri dengan kurung buka dan kurung tutup dan rata kanan. Tambahkan satu garis kosong di atas dan di bawah persamaan. Ukuran pada persamaan adalah Full 11pt, Subscript/ superscript 8 pt, Sub-Subscript/ superscript 6pt, Symbol 12 pt, Sup-symbol 10 pt. Sisipkan (insert) equation untuk menuliskan persamaan matematika dengan style math.

Semua penulisan variabel ditulis dengan italic dengan index angka dalam Time New Roman, contoh,  X1, ..., Xn.  Yi i = 1, ..., n.  Gunakan tanda ” : ”untuk jelaskan arti variable dan ”=” jika variable itu bernilai sebuah angka atau persamaan.  N : jumlah data,  X = 1. 

Penulisan angka desimal dipisahkan dengan koma ”,” dan bila lebih dari satu gunakan titik koma, ”;”, sebagai pemisah Misal (0,234; 123,135; 4562,234). Semua parantheses ditulis dengan huruf Time New Roman, (X1,  X2), [i].

3.  METODE PENELITIAN

Pada bagian ini memuat metode yang digunakan  pada penelitian yang dilakukan.

4.  HASIL DAN PEMBAHASAN

Memuat hasil dan pembahasan tentang penelitian yang dilakukan.

5.  KESIMPULAN DAN SARAN
Memuat kesimpulan yang diperoleh dan saran-saran untuk penelitian selanjutnya (jika ada).


D
AFTAR PUSTAKA

Gagne, R. M. 1974. Essentials of Learning and Instruction. Holt Rinehalt and Winston, New York

Holmes, C.C., and Mallick, B.K., 2003. ‘Generalized Nonlinear Modeling with Multivariate Free-Knot Regression Spline.’ Journal of the American Statistical Association, Vol. 98, No. 462, hh. 352-365.

Lyche, T., and Morken, K., 2004. Spline Methods,http://www.ub.uio.n./umn/english/index.html, on 23th Feb 2005.

Mallian, H., 2006. Studi Literatur tentang Model Peramalan ARMA(p,qdan Selang Kepercayaan Parameter Model dengan Menggunakan Bootstrap, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Popkewitz, T.S. 1994. ‘Profesionalization in teaching and teacher education: some notes on its history, idiology, and potential’. Journal of Teaching and Teacher Education, Vol.10, No.10, hh. 1-14