RANCANG BANGUN SICUREM PADA PT. BUMI TEKNO INDONESIA MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL

PADA PT. BUMI TEKNO INDONESIA

Authors

  • Ismi Amelia Universitas Teknologi Digital
  • Aries Setyani Wahyu Prasetyawati Universitas Teknologi Digital

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i3.5915

Keywords:

CRM, Framework, Informasi, Sistem, Website

Abstract

PT. Bumi Tekno Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, dengan fokus menyediakan solusi inovatif untuk berbagai kebutuhan pelanggan. PT. Bumi Tekno Indonesia memahami pentingnya Customer Relationship Management (CRM) dalam strategi bisnis mereka untuk meningkatkan kepuasan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Namun, pengelolaan data di perusahaan ini masih menghadapi tantangan, terutama dalam menangani keluhan pelanggan yang dilakukan secara manual. Dalam penyampaian keluhan pelanggan masih menggunakan telpon, media foto, dan Chat pesan Whatsapp. Proses manual ini sering kali mengakibatkan tidak efisien waktu dan tenaga. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem Customer Relationship Management berbasis website guna meningkatkan efektivitas pengelolaan pelanggan. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung ke perusahaan, wawancara dengan pegawai perusahaan, dan studi pustaka untuk mengidentifikasi kebutuhan sistem. Analisis dan perancangan sistem dilakukan menggunakan metode Waterfall dan pemodelan Unified Modeling Language (UML), yang mencakup use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem CRM berbasis web yang dirancang diharapakan mempermudah pelanggan dalam menyampaikan keluhan, mengakses layanan, dan menerima notifikasi secara online, sehingga meningkatkan efisiensi waktu. Sistem ini dirancang dengan Framework Laravel dan MySQL untuk mendukung skalabilitas dan kemudahan pengembangan.

References

A. Martika and D. Durbin Hutagalung, “Perancangan Sistem Customer Relationship Management Terhadap Pengaduan Nasabah Berbasis Web Menggunakan Model Extreme Programming,” vol. 3, no. 2, pp. 410–417, 2024.

I. Amelia and G. Widyatmojo, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEBSITE PADA PT . BUMI TEKNO INDONESIA PERWAKILAN KOTA TEGAL,” vol. 9, no. 3, pp. 3716–3720, 2025.

E. Cahyono and H. Susanto, “Penerapan CRM Dalam Upaya Peningkatan Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan,” vol. 2, no. 2, pp. 120–127, 2024, doi: 10.56854/jtik.v2i2.246.

H. Zakaria and A. E. Marlia, “Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Customers Berbasis Web dengan Model Waterfall,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 2, p. 66, 2019, doi: 10.32493/jtsi.v2i2.2804.

R. N. Khasani and J. Subrata, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan di Camellia cafe RSU Islam Harapan Anda Kota Tegal Berbasis Website,” vol. 9, no. 1, pp. 437–442, 2025.

T. Setiadi, E. Siswanto, and A. Santoso, “Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasis Model RFM Berbasis WEB,” Inform. J. Tek. Inform. dan Multimed., vol. 2, no. 1, pp. 42–51, 2022, doi: 10.51903/informatika.v2i1.139.

L. Nurlaela, A. Dharmalau, and N. Parida, “Rancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Kasus Pada Cv. Limoplast,” vol. 02, no. 2, pp. 74–90, 2020.

M. Tonggiroh, V. Pardosi, Basiroh, and F. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak, Cetakan Pe. Kota Solok, Sumatera Barat: Penerbit PT Mafy Media Literasi Indonesia, 2024.

Ronal, Yunita, and Yuliana, “Desain Unified Modeling Language (UML) Dalam Perancangan Aplikasi Hauling Trip Di Industri Tambang Batubara,” J. Tek. Inform. dan Sist. Informas, vol. 9, no. 4, pp. 3038–3050, 2022.

Z. Niqotaini, Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Unified Modelling Language, no. 18. 2020.

T. W. Ananta, S. Informasi, F. T. Informasi, U. B. Luhur, P. Utara, and L. Chat, “RANCANGAN E-CRM DALAM PENGELOLAAN KELUHAN UNTUK,” vol. 5, no. 2, 2024.

H. N. Putra, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya,” Implementasi Diagr. UML (Unified Model. Lang., vol. 2, no. 2, pp. 67–77, 2018.

M. R. Wayahdi and F. Ruziq, “Pemodelan Sistem Penerimaan Anggota Baru dengan Unified Modeling Language (UML) (Studi Kasus: Programmer Association of Battuta),” J. Minfo Polgan, vol. 12, no. 1, pp. 1514–1521, 2023, doi: 10.33395/jmp.v12i1.12870.

Akbar Iman Rufman, Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management), no. October. Yayasan Sahabat Alam Rafflesia., 2021.

H. Yulita, C. W. Widhianto, and D. P. Sari, “Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan dan Kualitas,” J. E-Bis, vol. 8, no. 1, pp. 229–240, 2024, doi: 10.37339/e-bis.v8i1.1304.

A. Sari, A. Abdilah, and Sunarti, Web Programming1. 2022. doi: 10.1201/9781003316244-11.

C. Gibran, A. Rafika Dewi, and E. Hadinata, “Implementasi Framework Laravel Untuk Pengembangan Website Penjualan Ayam Potong Dengan Pemanfaatan Midtrans Menggunakan Metode Fast,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 246–253, 2024, doi: 10.55338/jikomsi.v7i1.2920.

D. N. Azizah, L. D. Chandra, and M. G. Gumelar, “Implementasi Framework Laravel dalam Pembuatan Website Segitiga Motor dengan Metode Waterfall,” 2024.

Published

2025-08-11

How to Cite

[1]
I. Amelia and A. S. W. Prasetyawati, “RANCANG BANGUN SICUREM PADA PT. BUMI TEKNO INDONESIA MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL : PADA PT. BUMI TEKNO INDONESIA”, JINTEKS, vol. 7, no. 3, pp. 1250-1256, Aug. 2025.

Issue

Section

Articles