ANALISI DATA PENGUNAAN AI ( ARTIFICIAL INTELLIGENCE) YANG BERDAMPAK PADA GENERASI MUDA
DOI:
https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i3.6015Keywords:
Artificial Intelligence, Generasi Muda, Efisiensi Waktu, Pola Pikir KritisAbstract
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong munculnya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang kini semakin berperan dalam kehidupan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan AI terhadap pola pikir, perilaku, dan efisiensi waktu generasi muda dalam konteks kehidupan sehari-hari dan pendidikan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner daring (Google Form). Jumlah responden sebanyak 34 orang yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa berusia 16 hingga 23 tahun. Kriteria responden adalah mereka yang aktif menggunakan teknologi AI dalam aktivitas akademik maupun sosial. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan tabulasi frekuensi dan persentase untuk mengukur tingkat kesetujuan responden terhadap pernyataan terkait penggunaan AI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden bersikap netral terhadap perkembangan AI, namun mereka mengakui manfaat AI dalam meningkatkan efisiensi waktu dan penyelesaian tugas. Meskipun demikian, kekhawatiran terhadap potensi ketergantungan teknologi tetap ada. Diperlukan literasi digital yang kuat dan dukungan pendidikan untuk memastikan bahwa generasi muda dapat memanfaatkan AI secara bijak dan bertanggung jawab.
References
S. A. A. Kharis, A. H. A. Zili, A. Putri, and A. Robiansyah, “Analisis Tren Minat Masyarakat Indonesia terhadap Artificial Intelligence dalam Menyongsong Society 5.0: Studi Menggunakan Google Trends,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 7, no. 4, pp. 1345–1354, 2023, doi: 10.33379/gtech.v7i4.3091.
D. Nurhuda, S. A. Kumala, and F. Widiyatun, “Analisis Kecerdasan Buatan Chatgpt Dalam Penyelesaian Soal Fisika Bergambar Pada Materi Resistor,” J. Lumin. Ris. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 2, pp. 62–70, 2023, doi: 10.31851/luminous.v4i2.12232.
J. A. S. Siallagan, T. A. P. Yuya, S. Arshyara, and Perawati, “Penggunaan Kecerdasan Buatan AI Mengakibatkan Krisis Pemikiran Kritis Pelajar dalam Dunia Pendidikan Indonesia,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8 Nomor 3, no. 2018, pp. 47679–47683, 2024.
N. Aydah, R. Tobing, Y. P. Kornarius, and A. Caroline, “Persepsi Generasi Z Terhadap Penggunaan Teknologi AI di Tempat Kerja,” vol. 7, no. 3, 2025, doi: 10.32877/eb.v7i3.1667.
I. Diyah, C. Arifah, U. B. Nusantara, and U. N. Surabaya, “Job Replacement di Bidang Industri Jasa,” J. Ilmu Manaj., vol. 10, pp. 911–929, 2022.
D. Priyatna, F. Erbi, R. A. Rohim, A. T. Rianto, and S. I. Narliah, “Pengaruh Teknologi Bagi Generasi Muda,” Kreat. Mhs. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 297–299, 2022, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JATIMIKA/article/view/19026/11436
D. A. N. I. Hukum, “DAMPAK TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN ( AI ) PADA POLA KONSUMSI MEDIA SOSIAL GENERASI MUDA?: ANTARA,” vol. 2, no. 2, pp. 207–216, 2024.
O. P. Barus, J. J. Pangaribuan, R. Romindo, A. Anggara, and W. William, “Penyuluhan Mengenai Artificial Intelligence Untuk Siswa-Siswi SMP dan SMA Sekolah Lentera Harapan Medan,” ABDIKAN J. Pengabdi. Masy. Bid. Sains dan Teknol., vol. 2, no. 4, pp. 486–494, 2023, doi: 10.55123/abdikan.v2i4.2281.
N. Gea et al., “DAMPAK ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) DALAM PENDIDIKAN?: PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA DIGITAL,” vol. 13, no. 1, pp. 637–644, 2025.
J. Salmi, A. A. Setiyanti, K. Satya Wacana, D. Universitas, K. Satya, and W. Abstract, “Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Chatgpt di Era Pendidikan 4.0,” J. Ilm. Wahana Pendidikan, Oktober, vol. 9, no. 19, pp. 399–406, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.5281/zenodo.8403233
I. W. Hasdiansa, H. Dewantara, A. Ramadhan, A. A. Kautsar, and A. M. Bahmar, “Analisis Pengetahuan Mahasiswa tentang Penggunaan Chatbot Berbasis AI Pada Proses Pembelajaran,” J. Pendidik. Terap., vol. 02, no. 02, pp. 133–142, 2024.
Kurniahtunnisa, M. Y. Manuel, M. Aini, and T. P. Agustina, “Persepsi dan Sikap Siswa Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 15, no. 1, pp. 47–59, 2025, doi: 10.24246/j.js.2025.v15.i1.p47-59.
R. Sahabuddin, A. Azhari, W. Natasya, M. Anugerah Annisa, M. D. Pratama Putra, and Marpia, “Dampak Penggunaan AI dalam Meningkatkan Efisiensi Belajar Mahasiswa: Studi tentang Ketergantungan dan Kemampuan Kritis,” J. Rumpun Manaj. dan Ekon., vol. 2, no. 3, pp. 421–430, 2025, [Online]. Available: https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4530
J. S. Nasution, A. M. Siregar, E. S. Hasibuan, F. Difla, and T. N. Azizah, “Dampak Negatif Penggunaan AI Terhadap Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran,” A M I J. Pendidik. dan Ris., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2025, [Online]. Available: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami
Mudasir, Wawancara dan Observasi, no. July. 2024.
P. G. Subhaktiyasa, “Menentukan Populasi dan Sampel?: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” vol. 9, pp. 2721–2731, 2024.
D. Firmansyah and Dede, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi,” J. Ilm. Pendidik. Holistik, vol. 1, no. 2, pp. 85–114, 2022.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Wahyu Prasetyo, Khairullah Khairullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















