PERAN INTEGRASI KNOWLEDGE MANAGEMENT HC DAN LEARNING MANAGEMEN DI BANK BRI
DOI:
https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i3.6033Keywords:
Human Capital, Knowledge Management, Learning Management, Transformasi Digital, BRIAbstract
Transformasi digital menuntut Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk mengintegrasikan Knowledge Management (KM), Human Capital (HC), dan Learning Management System (LMS) sebagai strategi pengembangan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran integrasi ketiga aspek tersebut dalam meningkatkan efektivitas organisasi, khususnya dalam peningkatan kompetensi dan inovasi layanan. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan artikel dari database Scopus tahun 2019–2025, diseleksi berdasarkan kriteria relevansi terhadap KM, HC, dan LMS dalam konteks perbankan. Artikel dievaluasi berdasarkan tujuan, metode, hasil, serta kesesuaiannya terhadap integrasi topik utama. Hasil menunjukkan bahwa integrasi KM, HC, dan LMS mendorong peningkatan kinerja SDM, inovasi produk digital (seperti BRISPOT, BRIMO), efisiensi pelatihan melalui BRISmart, dan terciptanya organisasi pembelajar. Contoh nyata integrasi ini adalah BRISMARTVERSE yang menggabungkan fitur pelatihan dan berbagi pengetahuan dalam satu platform. Kesimpulannya, integrasi tiga elemen tersebut menjadi pilar strategis BRI dalam menghadapi tantangan digital, meskipun tantangan seperti rendahnya partisipasi e-learning dan fragmentasi sistem masih perlu diatasi melalui pendekatan adaptif lintas generasi dan sinergi antardivisi.
References
D. N. Hidayat, A. Restiandi dan I. M. Sukresna, “Designing an Optimal Education and Training Model for Relationship Managers in the Digital Era,” Research Horizon, vol. 05, no. 01, pp. 79-94, 2025.
N. AlQershi, R. B. A. Sauf dan M. F. B. A. Yaziz, “The threat of robots to career sustainability, and the pivotal role of knowledge management andhumancapital,” Journal of Innovation & Knowledge, p. 8, 2023.
S. I. Kurniati, “PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Society 5.0 Studi Kasus Pengembangan Sumber Daya Manusia,” ResearchGate, 2023.
I. Budiningsih, T. D. Soehari dan A. Sari, “Improving The Professionalism of Bank Central Indonesia Managers Through Human Capital and Training,” International Journal of Management, Entrepreneurship, Social Science and Humanities, vol. 6, no. 1, 2023.
“Career Development as a Sustainable Transformation of the Head of Unit PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK,” American Journal of Economic and Management Business, vol. 3, no. 12, 2024.
D. I. Lestari, B. Kurniawan, M. S. Perdana dan M. , “Improving the Productivity of Cross-Generational Relationship Managers in the Banking Sector,” Research Horizon, vol. 04, no. 06, pp. 223-230, 2024.
R. A. Amalia, S. Echdar dan S. Kitta, “Pengaruh Human Capital, Social Capital dan Organizational Capital Terhadap Kinerja Karyawan di Bank BRI Cabang Bulukumba,” Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, vol. 3, no. 4, pp. 564-574, 2022.
O. Puspita, “Human Capital Analysis of a Company in Applying a Hybrid Company: a Case Study of The Indonesian People Bank (BRI),” American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR) , vol. 6, no. 5, 2022.
F. Baskoro, M. B. Pancakusuma dan S. T. Raharjo, “Designing And Evaluating Training Models for Human Resource Competencies in The Digital Era,” Journal of Business Management and Accounting , vol. 7, no. 2, pp. 49-62, 2023.
R. Mulyana, L. Rusu dan E. Perjons, “Key ambidextrous IT governance mechanisms for successful digital transformation: A case study of Bank Rakyat Indonesia (BRI),” Digital Business, vol. 4, 2024.
Z. Wang dan N. Wang, “Knowledge sharing, innovation and firm performance,” Expert Systems with Applications, vol. 39, 2012.
J. R. Gamble, “Tacit vs explicit knowledge as antecedents for organizational change,” Journal of Organizational Change Management, vol. 33, no. 6, 2020.
H. Lei, L. Gui dan . P. B. Le, “Linking transformational leadership and frugal innovation: the mediating role of tacit and explicit knowledge sharing,” Journal of Knowledge Management, vol. 25, no. 7.
E. S. Knudsen, “The half-life of knowledge and strategic human capital,” Human Resource Management Review, vol. 33, 2023.
Nursalam, Kusnanto, E. Mishbahatul, Yusuf, N. D. Kurniawati, T. Sukartini, F. Efendi dan T. Kusumaningrum, PEDOMAN PENYUSUNAN LITERATURE DAN SYSTEMATIC REVIEW, Surabaya: Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, 2020.
V. D. R, T. B dan C. C, “Automation of systematic literature reviews: A systematic literature review,” Information and Software Technology, vol. 136, p. 106589, 2021.
L. Muliasari, “Digital Banking Strategy Analysis of BRI,” Jurnal Ekonomi, vol. 11, 2022.
A. d. B. Machado, S. Secinaro, D. Calandra dan F. Lanzalonga, “Knowledge management and digital transformation for Industry 4.0:a structured literature review,” The Operational Research Society, vol. 20, pp. 320-338, 2022.
R. A. Faqih, A. Fauzi dan A. Rizaldi, “Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan Basic Virtual Training dalam Meningkatkan Kompetensi Agen Asuransi pada Perusahaan BRI Life Jakarta,” Jurnal Transformasi, vol. 11, pp. 1-8, 2025.
A. G. Desta, . W. M. Tadesse dan W. B. Mulusew, “Aspects of Human Capital Management and Employee Job Performance: The Moderation Role of Perceived Organizational Support,” JOURNAL OF THEORETICAL AND APPLIED MANAGEMENT , vol. 15, 2022.
R. C. Purwanto dan A. Suratman, “Pengaruh Pelatihan & Pengembangan Melalui Metode E-Learning terhadap Kinerja SDM PT BRI Cabang Manado,” Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, vol. 01, p. 254–266, 2022.
Hasyim, I. Zuhra, A. J. Septi dan A. R. Dabutar, “Pengaruh Kualitas Layanan BRI Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pengguna BRI Mobile di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan),” Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, vol. 4, p. 764–778, 2023.
A. M. Arumbarkah, “Analisis Penilaian Kinerja PT. Bank BRI, Tbk Kanwil Makassar dengan Pendekatan Balance Scorecard,” Bongaya Journal of Research in Management, vol. 2, p. 26–36, 2019.
S. F. Pratiwi dan S. Nursyamsiah, “Pengaruh Knowledge Management dan Inovasi terhadap Kinerja Organisasi di Kabupaten Ponorogo,” Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, vol. 1, p. 23–33, 2022.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Ika Putri Puspitasari, Mila Rohmat, Nadya Qoria Audrina, Muharman Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















