PENERAPAN DAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA KULIAH ADMINISTRASI BASIS DATA BERBASIS REPLIT
DOI:
https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i3.6050Keywords:
administrasi basis data, pembelajaran interaktif, perangkat pembelajaran, ReplitAbstract
Perkembangan teknologi telah masuk ke dalam sektor pendidikan untuk menjadikan proses belajar lebih fleksibel dan interaktif. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Replit bagi mahasiswa semester IV di PTI Undikma, untuk memfasilitasi pembelajaran praktik yang fleksibel dan berbasis kelompok. Proses penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini mendapatkan validasi sebesar 100% dari segi materi, tata cara penyampaian, dan kemudahan pemahaman, dengan dua indikator netral sebesar 20%. Respon dosen menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terkait fleksibilitas, efisiensi, dan efektivitas pembelajaran. Umpan balik dari mahasiswa juga sangat positif, dengan lebih dari 90% menilai perangkat ini mempermudah proses belajar melalui fitur coding real-time, kolaborasi langsung, dan pembelajaran berbasis praktik tanpa instalasi tambahan. Perangkat ini bermanfaat dalam meningkatkan pembelajaran interaktif. Namun, disarankan untuk menyesuaikan latihan agar lebih kontekstual dan menyediakan bantuan teknis kepada dosen guna memastikan pemanfaatan perangkat secara maksimal.
References
Arya Udayana, N. N., Wirawan, I. M. A., & Divayana, D. G. H., 2017, “Pengembangan e-modul pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek dengan model pembelajaran project based learning kelas XII rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri 2 Tabanan”, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Vol.6, No.2, pp.128-139.
Cahyadi, R. A. H., 2019, “Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model”, Halaqa: Islamic Education Journal, Vol.3, No.1, pp.35-42.
Divayana, D. G. H., & Sugihartini, N., 2018, “Pengaruh E-Modul berbasis metode pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran basis data terhadap hasil belajar dan motivasi siswa (Studi kasus: Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Negara)”, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, Vol.7, No.2, pp.121-131, https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.12369.
Faujianor, A., Ningsih, S. H., Safitri, N., & Aziz, A., 2024, “Pengembangan media pembelajaran bagan dan audio berbasis multimodal solusi mengatasi kendala keterbatasan teknologi pembelajaran”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.3, No.2, pp.399-409.
Gera, I., 2020, “Analisis pembelajaran e-learning dalam perspektif aliran filsafat pendidikan progresivisme”, Lisyabab Jurnal Studi Islam dan Sosial, Vol.1, No.2, pp.167-178, https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v1i2.50.
Handayani, D., Anwar, Y. A. S., Junaidi, E., & Hadisaputra, S., 2022, “Pengembangan modul pembelajaran kimia materi asam basa berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa”, Chemistry Education Practice, Vol.5, No.1, pp.107-114.
Harijanto, B., P., D. K., & Nova, B. P., 2017, “Pengembangan sistem informasi proses belajar mengajar online dengan menggunakan metode pembelajaran student centered learning (SCL)”, Jurnal Informatika Polinema, Vol.4, No.1, pp.17, https://doi.org/10.33795/jip.v4i1.139.
Herawati, S. N. I., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H., 2024, “Pengaruh media pembelajaran IDE Replit menggunakan problem based learning terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik pada informatika SMAN 3 Malang”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.8, No.7.
Ilma, S., & Nursia, N., 2022, “Analisis keterampilan proses sains mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek”, Borneo Journal of Biology Education, Vol.4, No.2, pp.126-133, https://doi.org/10.35334/bjbe.v4i2.3229.
Iba, Z., & Wardhana, A., 2023, Metode penelitian, Eureka Media Aksara, Jawa Tengah.
Latifah, U., Jalinus, N., & Fadhilah, F., 2024, “Inovasi dan tren terkini dalam pengembangan karir pendidikan teknologi kejuruan”, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, Vol.18, No.5, pp.3470-3484.
Lestari, S., 2018, “Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi”, EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.2, No.2, pp.94-100, https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.
Leuwol, F., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A., Sartipa, D., & Munisah, E., 2023, “Efektivitas metode pembelajaran berbasis teknologi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di sekolah”, Edusaintek: Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, Vol.10, No.3, pp.988–999. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.899.
Melissa, 2024, “Implementasi pembuatan website portofolio menggunakan framework Laravel pada platform Replit”, JORE, Vol.1, No.2, pp.31-36, https://doi.org/10.62872/h1qxnw58.
Mukarromah, D., & Sutabri, T., 2023, “Learning Management System Berbasis Cloud dalam Model Pembelajaran Blended Learning Pada Fakultas Saintek UIN Raden Fatah”, Jurnal Fasilkom, Vol.13, No.02, pp.132-137, https://doi.org/10.37859/jf.v13i02.5024.
Prayudi, A., 2022, “Pengembangan media pembelajaran berbasis meme untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik mahasiswa”, Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), Vol.4, No.3, pp.117-122, https://doi.org/10.51401/jinteks.v4i3.1676.
Replit, n.d., Replit workspace documentation, Retrieved February 11, 2025, from https://docs.replit.com/category/replit-workspace.
Ristanto, R. H., Heryanti, E., & Madaniyyah, S., 2024, “E-modul Edu-Kehati berbasis I-SETS: Pengembangan bahan ajar berorientasi pada literasi keanekaragaman hayati”, Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, Vol.5, No.2, pp.66-83.
Situmorang, D. Y., 2024, “Efektivitas pembelajaran kolaboratif berbasis teknologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa”, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.3, No.1, pp.146-151, https://doi.org/10.56854/tp.v3i1.231.
Verdiatmoko, A. C., & Pinandita, T., 2025, “Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi pengenalan bangun ruang di SD Negeri 1 Purbalingga Wetan”, Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), Vol.7, No.1, pp.91-100, https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i1.5382.
Wati, L. I., & Nugraha, J., 2021, “Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran teknologi perkantoran di kelas X OTKP SMK Negeri 1 Lamongan”, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol.9, No.1, pp.65-76.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Yastry Yunanti, Adam Bachtiar, Fitri Ramdani, Indriaturrahmi Indriaturrahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















