MATH CHALLENGER : GAME EDUKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR BAGI SISWA SD KELAS 5 DAN 6 BERBASIS ANDROID

Authors

  • Nanda Afif Azis Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ermadi Satriya Wijaya Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sigit Sugiyanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tito Pinandita Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i3.6157

Keywords:

Game Edukasi, Matematika Dasar, Android, Research And Development (R&D), Gamifikasi

Abstract

Teknologi dapat dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan, salah satunya dengan game edukasi. Banyak anak yang kecanduan dalam bermain game, namun jika dimanfaatkan dengan baik, game dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti logika matematika. Oleh karena itu, game edukasi berbasis android menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika dasar. Penelitian ini mengembakan Math Challenger yang dirancang untuk membantu siswa SD kelas 5 dan 6 dalam memahami materi operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan cara yang menyenangkan. Dengan menggabungkan elemen gamifikasi, game ini bertujuan membuat siswa lebih tertarik belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil uji coba menunjukan bahwa game ini sangat menarik dan bermanfaat untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan kuesioner, 87,6% siswa setuju bahwa game ini membantu mereka belajar matematika dan 88,7% ahli media menyatakan game ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

References

E. Gunawan, L. Rusdiana, T. Informatika, S. Palangkaraya, J. GObos No, and P. Raya, “APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT DASAR BERBASIS ANDROID,” 2022.

R. Gunawan, T. H. Prastyawan, and Y. Wahyudin, “RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PERHITUNGAN DASAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS 3, 4 DAN 5 MENGUNAKAN CONSTRUCT 2”, doi: 10.35969/interkom.v17i1.96.

A. Fenturi, J. Pragantha, and D. A. Haris, “PEMBUATAN GAME PLATFORM ENDLESS RUNNING ‘Ruiner’ BERBASIS WEB.” [Online]. Available: https://assetstore.unity.com/packages/3

I. S. Aminah, “Pengembangan Game Edukasi Etnomatematika Tenun Ikat Bandar Pada Materi Transformasi.,” Eprint, 2022.

R. Saputra and A. H. Fikri, “ANIMAL INTRODUCTION ANDROID EDUCATIONAL GAME APPLICATION FOR EARLY CHILDREN USING CONSTRUCT 3 APLIKASI GAME EDUKASI ANDROID PENGENALAN HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3,” Journal of Scientech Research and Development, vol. 5, no. 2, 2023, [Online]. Available: https://idm.or.id/JSCR/in

J. Khatib Sulaiman, S. Permatasari, M. Asikin, N. Rachmani Dewi, and U. Negeri Semarang, “MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3,” Indonesian Journal of Computer Science Attribution, vol. 1, no. 1, p. 233.

M. B. Nendya and D. Redono, “POCONG RUSH: ENDLESS RUNNER GAME BASE ON FINITE STATE MACHINE Pocong Rush: Endless Runner Game Berbasis Finite State Machine,” 2022.

Yuliana Rosa, “Pengembangan Game Edukasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Software Construct 2 Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis,” PRIN, vol. 1, no. eISSN: 2828-9382, pp. 82–90, 2022.

Onyx Nifty, Elfretty Sitanggang, Yuni Melati Anestasya Simaremare, Roihan Anwar, Surya Yusuf, and Surya Masniari Hutagalung, “Pengembangan Permainan Kosakata Interaktif Bahasa Jerman Level A1 Berbasis Aplikasi Construct 3,” PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, vol. 4, no. 3, pp. 112–119, Jun. 2024, doi: 10.56910/pustaka.v4i3.1465.

“326041-kebunku-educational-game-using-construct-9c28dc38”.

D. Prastyo Aji, A. Nugroho, and R. Setiawan, “Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer (JAKAKOM) Perancangan Aplikasi Game Edukasi Matematika Untuk Anak SD Menggunakan Metode Permainan Quiz Interaktif,” vol. 4, no. 1, 2024, doi: 10.33998/jakakom.v4i1.

A. Candra Verdiatmoko and T. Pinandita, “E-ISSN?: 2686-3359,” 2025.

F. Sutmo, B. A. Dewanto, M. A. Mulyadi Mucoffa, Y. I. Kurniawan, and B. Wijayanto, “Math Runner: Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 3, no. 4, pp. 165–173, May 2023, doi: 10.52436/1.jpti.286.

L. Ilham Ramdhani, Y. Dwi Arianda, A. Tjalla, and L. Dwiutami Wahyuni, “Indonesian Journal of Educational Development (IJED) DEVELOPMENT OF INSTRUMENT FOR UNDERSTANDING THE CONCEPT OF WRITING SCIENTIFIC ARTICLES FOR LECTURERS USING THE ADDIE MODEL: EMPIRICAL VALIDITY AND RELIABILITY,” Indonesian Journal of Educational Development (IJED), vol. 5, no. 4, pp. 429–443, 2025, doi: 10.59672/ijed.v5i4.4324.

M. Kawete, D. Gumolung, and A. Aloanis, “,” Oxygenius Journal Of Chemistry Education, vol. 4, no. 1, p. 63, Feb. 2022, doi: 10.37033/ojce.v4i1.374.

R. F. Ardiansyah and S. Sugiyanto, “GAME EDUKASI PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI SISWA SMP KELAS 1 BERBASIS ANDROID,” 2023.

Published

2025-08-24

How to Cite

[1]
N. A. Azis, E. S. Wijaya, S. Sugiyanto, and T. Pinandita, “MATH CHALLENGER : GAME EDUKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR BAGI SISWA SD KELAS 5 DAN 6 BERBASIS ANDROID”, JINTEKS, vol. 7, no. 3, pp. 1398-1408, Aug. 2025.

Issue

Section

Articles