OPTIMASI WAKTU TUNGGU TOTAL DAN PEMODELAN ARUS LALU LINTAS DENGAN METODE GRAF FUZZY PADA PERSIMPANGAN FLY OVER JAMIN GINTING MEDAN

Authors

  • Ahmad Sugarda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hendra Cipta Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i3.6186

Keywords:

Kemacetan Lalu Lintas, Graf Kompatibel, Graf Fuzzy

Abstract

Persimpangan Fly Over Jamin Ginting sering mengalami kemacetan akibat ketidakseimbangan durasi lampu lalu lintas, di mana waktu lampu hijau lebih singkat dibandingkan dengan lampu merah. Hal ini menyebabkan antrean kendaraan tidak terurai secara optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini memanfaatkan pendekatan pemodelan dengan graf kompatibel dan graf fuzzy. Graf kompatibel digunakan untuk mengidentifikasi fase-fase lampu lalu lintas serta arus kendaraan yang dapat bergerak bersamaan tanpa konflik, sedangkan graf fuzzy dimanfaatkan untuk mengoptimalkan waktu tunggu kendaraan di setiap fase. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat tiga fase lampu lalu lintas yang dapat dioptimalkan, dengan waktu siklus terbaik sebesar 227 detik. Pendekatan ini terbukti efektif karena mampu menyesuaikan durasi lampu secara dinamis, bergantung pada volume kendaraan dan lebar jalan di masing-masing arah, sehingga memungkinkan penyesuaian waktu hijau atau merah sesuai kebutuhan lalu lintas.

References

A. I. Suyanto, “Searching, Reasoning, Planning, dan Learning (Revisi Kedua),” Bandung Inform. Bandung, 2014.

A. P. Kurniawan and A. M. Abadi, “Aplikasi Graf Fuzzy dan Aljabar Max Plus untuk Pengaturan Lampu Lalu Lintas di Simpang Empat Beran,” J. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 72–86, 2017.

Budayasa, I Ketut, 2007, Teori Graph dan Aplikasinya, Unesa University Press : Surabaya.

Deviani, V. (2020). Optimasi Komposisi KAndungan Nutrisi Pekan Ikan Buatan dengan Menggunakan Fuzzy Linier Programming. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(1), 20. https://doi.org/10.24014/jti.v5i1.6160

Dishub. 2019. Laporan Survei Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) di Kabupaten Tuban 2019. Tuban: Dinas Perhubungan Tuban

Fanani, A. (2016). Optimasi Waktu Tunggu Lampu Lalu Lintas Dengan Menggunakan Graf Kompatibel Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan. Systemic: Information System and Informatics Journal, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.29080/systemic.v2i1.107

Farida, Y., Handayani, N., & Utami, R. D. (2020). Pemodelan arus lalu lintas dan penetapan waktu tunggu optimal menggunakan graf kompatibel pada 29 persimpangan Jalan Jemur Andayani – Ahmad Yani. Jurnal Matematika Integratif, 16(2), 101–110.

Harary F, 1969, Graph Theory. Addison Wesley Publishing Co. Inc., Mas-sachussets :USA.

Hosseini, S. A. (2009). Graph theory approach for traffic signal timing optimization. Tehran: Transportation Research Institute.

Klir G.J, Yuan B, 1995, Fuzzy Sets and Fuzzy Logic; theory and applications. A Simon & Schuster : New York.

M. Miftahurrahmah, “Aplikasi Teori Graf dalam Pengaturan Lampu Lalu Lintas.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2018.

Maslim, M., Dwiandiyanta, B. Y., & Viany Susilo, N. (2018). Implementasi Metode Logika Fuzzy dalam Pembangunan Sistem Optimalisasi Lampu Lalu Lintas. Jurnal Buana Informatika https://doi.org/10.24002/jbi.v9i1.1661

Mathew, S., Mordeson, J. N., & S Malik, D. (2018). Fuzzy Graph Theory. Cham, Switzerland: Springer.

Muzaroah, I., Pramudyo, A., & Marzuki, I. (2019). Aplikasi pewarnaan graf fuzzy dan FIS tipe Sugeno untuk menentukan fase dan durasi tiap fase pada pengaturan lampu lalu lintas. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 8(1), 1–7. https://doi.org/10.33395/komputa.v8i1.10599

Mordeson J.N, dan Nair P.S, 2000, Fuzzy graphs and Fuzzy hypergraphs. Physica Verlag : New York.

Nivethana, V., & Parwathi, A. (2013). Fuzzy Total Coloring and Chromatic Number of a Complete Fuzzy Graph. International Journal of Emerging and Development.

Poernamasari, I., Tumilaar, R., & Montolalu, E.J.C., 2019, Optimasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas dengan Menggunakan Metode Webster (Studi Kasus Persimpangan Jalan Babe Palar), Jurnal Matematika dan Aplikasi, 8(1), 27-35.

Remincel, D. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Lalu Lintas. Jakarta: Mitra Cendekia Press.

Ridwan, M., Suharto, B., & Wijayanto, A. (2019). Peran Infrastruktur Jalan terhadap Distribusi Barang dan Peningkatan Daya Saing Nasional. Jakarta: Pusat Studi Transportasi dan Logistik Indonesia.

Samanta, S., Pramanik, T., & Pal, M. (2015). Fuzzy Colouring of Fuzzy Graph. ResearchGate.

T. Mulya, V. Poekoel, J. Litouw, and R. Robot, “Perbandingan Kendali Proporsional dan Kendali Logika Fuzzy pada Lampu Lalu-lintas,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 9, no. 1, pp. 11–20, 2020.

Teguh Ujianto, B., & MAringka, B. (2018). Optimasi Penjualan Rumah Dan Pemanfaatan Lahan Pada Perumahan Permata Jingga. Pawon: Jurnal Arsitektur, 2(01), 110. https://doi.org/10.36040/pawon.v2i01.1061

Ulfah, N. (2018). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997) Studi Kasus: Simpang Tiga Jalan Ahmad Yani – Jalan S. Parman, Kota Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Riau.

Published

2025-08-11

How to Cite

[1]
A. Sugarda and H. Cipta, “OPTIMASI WAKTU TUNGGU TOTAL DAN PEMODELAN ARUS LALU LINTAS DENGAN METODE GRAF FUZZY PADA PERSIMPANGAN FLY OVER JAMIN GINTING MEDAN”, JINTEKS, vol. 7, no. 3, pp. 1287-1293, Aug. 2025.

Issue

Section

Articles