IMPLEMENTASI METODE PROTOTYPE PADA APLIKASI PORTAL LOMBA INFORMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FIREBASE

Authors

  • Muhammad Yunus Kholis Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Umar Zaky Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i2.5628

Keywords:

Portal Lomba, Aplikasi, Android, Firebase

Abstract

Penyebaran informasi lomba di bidang informatika saat ini masih tersebar di berbagai platform digital seperti media sosial dan situs web, menyebabkan kesulitan pengguna dalam mengakses informasi lomba yang relevan. Permasalahan ini berdampak pada rendahnya partisipasi peminat lomba dalam kegiatan kompetitif dan terbatasnya pengembangan kompetensi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi portal lomba informatika berbasis Android dengan Firebase sebagai backend dan mengimplementasikan metode Prototype dalam pengembangannya. Pendekatan prototype dipilih karena memungkinkan pengembangan aplikasi secara iteratif berdasarkan umpan balik pengguna. Aplikasi dirancang dengan dua role utama, pencari lomba dan penyelenggara lomba, serta mengintegrasikan fitur pendaftaran langsung. Pengembangan dilakukan melalui tahapan pengumpulan kebutuhan, perancangan prototype awal, evaluasi pengguna, perbaikan prototype, dan implementasi sistem. Proses iterasi dilakukan untuk menyempurnakan fitur dan antarmuka pengguna. Berdasarkan pengujian black box hasilnya menunjukkan bahwa seluruh fitur utama aplikasi berfungsi dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi berhasil mengintegrasikan informasi lomba dalam satu platform terpadu untuk memudahkan pengguna mengakses informasi lomba yang relevan, serta menyediakan wadah bagi penyelenggara untuk mempromosikan lomba mereka.

References

W. Andriyan, S. S. Septiawan, and A. Aulya, “Perancangan Website sebagai Media Informasi dan Peningkatan Citra Pada SMK Dewi Sartika Tangerang,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 6, no. 2, pp. 79–88, Dec. 2020, doi: 10.54914/jtt.v6i2.289.

D. R. Pradipta and L. Prananingrum, “PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PORTAL BERITA GO-LOMBA MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DAN MYSQL.”

P. Tamir, “IMPLEMENTASI METODE FEATURE DRIVEN DEVELOPMENT PADA PERANCANGAN WEB PORTAL LOMBA”, doi: 10.3785/kjst.v1i6.347.

A. A. Shonta, L. N. Hamidah, M. Hasan, M. M. Dewi, Y. Astuti, and I. R. Wulandari, “Penerapan Firebase Realtime Database Pada Aplikasi Media Informasi dan Pendaftaran Training IT Berbasis Android,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, no. 3, p. 1517, Jul. 2022, doi: 10.30865/mib.v6i3.4040.

K. Aryasa et al., “IMPLEMENTASI FIREBASE REALTIME DATABASE UNTUK APLIKASI PEMESANAN MENU BERBASIS ANDROID.”

I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 1, p. 57, Jun. 2017, doi: 10.21009/1.03108.

D. Maysaroh et al., “Perancangan Aplikasi Penjadwalan Pelajaran Dengan Android Studio Pada SMP Negeri 3 Pematangsiantar CREATING A LESSON SCHEDULING APPLICATION WITH ANDROID STUDIO,” 2025.

A. Fiorenza and H. Tolle, “Pengembangan Aplikasi Mobile sebagai Media Edukasi Kesehatan Gigi menggunakan Teknologi Firebase serta Metode Prototyping (Studi Kasus RSGM Universitas Brawijaya),” 2023. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

J. Panjaitan and A. F. Pakpahan, “Perancangan Sistem E-Reporting Menggunakan ReactJS dan Firebase,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 1, Apr. 2021, doi: 10.28932/jutisi.v7i1.3098.

M. Dan Firebase, Q. Syadza, A. Ganda Permana, and D. Nur Ramadan, “PENGONTROLAN DAN MONITORING PROTOTYPE GREEN HOUSE MENGGUNAKAN Controling and Monitoring of Green House Prototype using Microcontroler and Firebase.”

Y. Dwi Wijaya and M. Wardah Astuti, “PENGUJIAN BLACKBOX SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PT INKA (PERSERO) BERBASIS EQUIVALENCE PARTITIONS BLACKBOX TESTING OF PT INKA (PERSERO) EMPLOYEE PERFORMANCE ASSESSMENT INFORMATION SYSTEM BASED ON EQUIVALENCE PARTITIONS,” Jurnal Digital Teknologi Informasi, vol. 4, p. 2021.

A. Zalukhu et al., “PERANGKAT LUNAK APLIKASI PEMBELAJARAN FLOWCHART,” Jurnal Teknologi Informasi dan Industri, vol. 4, no. 1, 2023.

R. Farta Wijaya and S. Wahyuni, “Desain Aplikasi Cinta Mangrove Berbasis Mobile Di Desa Kota Pari Dengan Metode Waterfall.”

S. Agustini, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA STOK BARANG BERBASIS WEB PADA HELLOMEE,” Journal Of Engineering And Technology Innovation ( JETI ) Februari, vol. 1, no. 1, 2022.

Galih Reksa Lingga Respati and Dana Indra Sensuse, “EVALUASI ANTARMUKA PROTOTYPE APLIKASI BERANDA LAYANAN DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION,” Jurnal RESTIKOM?: Riset Teknik Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 3, pp. 130–139, Jun. 2022, doi: 10.52005/restikom.v3i3.90.

Published

2025-05-16

How to Cite

[1]
M. Y. Kholis and U. Zaky, “IMPLEMENTASI METODE PROTOTYPE PADA APLIKASI PORTAL LOMBA INFORMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FIREBASE”, JINTEKS, vol. 7, no. 2, pp. 667-676, May 2025.

Issue

Section

Articles