KESADARAN PRIVASI DATA PADA APLIKASI BRI MOBILE TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA DI KALANGAN GEN-Z MENGGUNAKAN UTAUT 2

Authors

  • Vovi Yatul Kholidah Universitas Jambi
  • Tri Suratno Universitas Jambi
  • Daniel Arsa Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51401/jinteks.v7i3.6158

Keywords:

Kesadaran Privasi Data, Kepercayaan Pengguna, BRI Mobile, Generasi Z, UTAUT 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis privasi data dan kepercayaan terhadap niat penggunaan aplikasi BRImo menggunakan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling menggunakan metode accidental sampling. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa seluruh indikator dalam variabel penelitian memperoleh nilai rata-rata 3,40 pada skala likert 5 poin, yang mengindikasikan bahwa persepsi responden terhadap aplikasi BRImo  secara umum berada  dalam kategori  tinggi. Namun hasil uji hipotesis menunjukan bahwa dari sembilan hipotesis yang diajukan, hanya empat hipotesis yang diterima dan lima hipotesis ditolak. Hipotesis yang diterima adalah   Habit, Price value, Hedonic Motivation, dan Trust terhadap  Behavioral Intention. Sementara itu, hipotesis yang ditolak adalah  Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, facilitating Condition, dan Data Privacy  terhadap Behavioral Intention. Maka dari itu, disimpulkan bahwa penerimaan pengguna gen-Z terhadap aplikasi BRImo lebih dominan dipengaruhi oleh faktor Habit, Price value, Hedonic Motivation, dan Trust. Faktor-faktor tersebut terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap niat penggunaan aplikasi secara berkelanjutan. Sebaliknya, faktor-faktor teknis seperti Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, dan Data Privacy tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap Behavioral Intention.

References

R. K. Budi Rusdian, “Pengukuran Persepsi Pengguna Terhadap Persepsi Manfaat, Fitur Layanan Dan Keamanan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Wilayah Ciayumajakuning),” J. Bisnis Manaj. dan Kewirausahaan, Vol. 5 Nomor 1 Tahun 2024, vol. 5, pp. 158–165, 2024.

J. Vianto and A. Z. Arifin, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSI PENGGUNAAN MOBILE BANKING,” J. Ekon. dan bisnis. Vol.8. No. 2 Oktober 2024, vol. 8, no. 2, pp. 299–312, 2024.

D. N. Rahmahdhani, M. I. P. Nasution, and S. S. A. Sundari, “Perlindungan Data Privasi Yang Dilakukan Perbankan Terhadap Penggunaan Layanan Mobile Banking,” JUEB J. Ekon. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 88–96, 2023, doi: 10.57218/jueb.v2i2.693.

M. A. Rahman and K. Astria, “DAMPAK FINTECH TERHADAP PERKEMBANGAN PERBANKAN,” Ekon. Bisnis, vol. 29. No. 1, no. juni, 2023.

C. L. Rithmaya, H. Ardianto, and E. Sistiyarini, “Gen Z and the Future of Banking: an Analysis of Digital Banking Adoption,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 26, no. 1, pp. 64–78, 2024, doi: 10.9744/jmk.26.1.64-78.

Priyani, A. Maryam, and B. A.Y, “STUDI KOMPARASI PERSEPSI KEMANFAATAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE BANKING ANTARA GENERASI X, GENERASI Y, DAN GENERASI Z (Studi Pada Pengguna Layanan,” J. Ilm., vol. 04, no. 02, pp. 357–368, 2020.

I. B. Hassan, M. Azrifah, A. Murad, I. El-shekeil, and J. Liu, “Extending the UTAUT2 Model with a Privacy Calculus Model,” Informatics (mdpi), vol. 9, no. 31, 2022.

F. Audriyani and W. Meiranto, “Penerapan Model UTAUT 2 Terhadap Niat Penggunaan Electronic Payment Shopeepay di Kota Semarang,” Diponegoro J. Account., vol. 12, no. 3, pp. 1–14, 2023, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

T. Dahlberg, N. Mallat, and A. Öörni, “Trust enhanced technology acceptance model - consumer acceptance of mobile payment solutions,” Stock. Mobil. Roundtable, pp. 22–23, 2003.

H. P. Yuwinanto, “Privasi online dan keamanan data,” J. N., vol. vol.2/No.2, no. 031, pp. 151–159, 2011, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:157828540

H. J. Smith, “Information Privacy Research?: An Interdisciplinary Review T HEORY AND R EVIEW I NFORMATION P RIVACY R ESEARCH?: A N I NTERDISCIPLINARY R EVIEW 1,” MIS Q., vol. Vol. 35 No, no. October, pp. 989–1015, 2014, doi: 10.2307/41409970.

M.sahlan and M. I. P. Nasution, “Hubungan Antara Kesadaran Privasi Data Pribadi dan Penggunaan Layanan PayLater di Kalangan Pengguna E-commerce di Indonesia,” J. Sains student Reseach, vol. 2, no. 4, pp. 271–278, 2024, [Online]. Available: doi: https://doi.org/10.61722/jssr.v2i4.1997

K. D. Martin and P. E. Murphy, “The role of data privacy in marketing,” J. Acad. Mark. Sci., vol. 45, no. September 2016, pp. 135–155, 2016, doi: 10.1007/s11747-016-0495-4.

[14] H. Albrecht, “Data , Data Banks and Security,” Eur. J. Secur. Res., vol. 5, no. 1, pp. 5–23, 2020, doi: 10.1007/s41125-019-00062-9.

N. M. Sukis Warningsih, “Determining Factors of Digital Wallet Usage,” J. Manaj., vol. 25, no. 2, p. 271, 2021, doi: 10.24912/jm.v25i2.740.

J. H. D. Roger C. Mayer, “An Integrative Model of Organizational Trust Author ( s ): Roger C . Mayer , James H . Davis and F . David Schoorman Published by?: Academy of Management Stable URL?: http://www.jstor.com/stable/258792 REFERENCES Linked references are available on JSTOR f,” Acad. Manag. Rev., vol. 20, no. 3, pp. 709–734, 1995.

A. Yositya, I. Mauliza, R. Dwi, S. Machmudi, R. Indrarini, and U. N. Surabaya, “PENGARUH PERLINDUNGAN DATA DAN CYBER SECURITY TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MENGGUNAKAN FINTECH MASYARAKAT DI SURABAYA,” Ilm. Bid. Sos. Ekon., vol. 1, no. 11, pp. 2497–2516, 2022.

S. Tania, “MENGEKSPLORASI PARADOKS PRIVASI GEN-Z DALAM PERSONALISASI IKLAN DI MEDIA DIGITAL,” J. ilmu Komun., vol. 12, No.1, no. juni, pp. 50–65, 2023.

V. Venkatesh, M. G. Morris, G. B. Davis, and F. D. Davis, “User Acceptance of Information Technology?: Toward a Unified View User Acceptance of Information Technology?: Toward a Unified View Published by?: Management Information Systems Research Center , University of Minnesota Stable URL?: https://www.jstor.org/,” Manag. Inf. Syst., no. September 2003, 2003, doi: 10.2307/30036540.

M. A. Sodik and S. Siyoto, Dasar Metodologi Penelitian, no. juni. 2015. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/314093441

Sugiyono, Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. 2013.

T. V. Perneger, D. S. Courvoisier, P. M. Hudelson, and A. Gayet-Ageron, “Sample size for pre-tests of questionnaires,” Qual. Life Res., vol. 24, no. 1, pp. 147–151, 2015, doi: 10.1007/s11136-014-0752-2.

F. Audriyani and W. Meiranto, “Penerapan Model UTAUT 2 Terhadap Niat Penggunaan Electronic Payment Shopeepay di Kota Semarang,” Diponegoro J. Account., vol. 12, no. 3, pp. 1–14, 2023, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

R. Apau and H. Singh, “Measuring User Perceived Security of Mobile Banking Applications,” no. 9 januari, pp. 1–36, 2022, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/357733773_Measuring_User_Perceived_Security_of_Mobile_Banking_Applications

H. Setiadi, “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan aplikasi mobile banking pada bank buku 4 di Indonesia dengan menggunakan model unified theory of acceptance and use of technology 2,” Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 5, no. 1, pp. 410–417, 2022, doi: 10.32670/fairvalue.v5i1.2306.

Published

2025-09-01

How to Cite

[1]
V. Y. Kholidah, T. Suratno, and D. Arsa, “KESADARAN PRIVASI DATA PADA APLIKASI BRI MOBILE TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA DI KALANGAN GEN-Z MENGGUNAKAN UTAUT 2”, JINTEKS, vol. 7, no. 3, pp. 1563-1570, Sep. 2025.

Issue

Section

Articles